Jenis Lemari Arsip Untuk Kantor


Jenis Lemari Arsip Untuk Kantor

Setiap orang tentunya butuh mengamankan barang berharga yang dipunyainya. Seperti sebuah dokumen penting yang perlu tempat penyimpanan yang layak dan aman. Dalam hal ini setiap orang tentu butuh suatu hal yang disebut dengan lemari arsip
Sebuah lemari yang fungsinya ditujukan hanya untuk menyimpan suatu dokumen penting ini ternyata memiliki berbagai jenis bentuk dan bahan yang berbeda. Lalu dari mana kalian tau hal tersebut. Mari simak artikel ini hingga selesai.

Jenis Lemari Penyimpan Dokumen/ Arsip

Dokumen merupakan sebuah data penting yang tidak boleh hilang keberadaannya. Hal tersebut memacu agar penyimpanan nya sesuai dengan tempatnya dan tempat simpan yang diharapkan tidak merusak keadaan dari dokumen tersebut. Untuk itu setiap lemari yang digunakan mempunyai bahan yang disesuaikan dengan fungsi penggunaannya.

1.      Lemari Kayu

Lemari dari bahan kayu ini biasa digunakan untuk menyimpan berbagai arsip atau dokumen penting yang berjangka waktu tidak terlalu lama dan mudah dalam pengambilan untuk pengecekan selanjutnya. Arsip yang biasa disimpan dalam lemari kayu ini biasanya berupa arsip harian dalam pengelolaan perusahaan pada suatu ruangan kepegawaian. 
Selain berguna sebagai tempat dokumen biasanya lemari yang satu ini juga digunakan sebagai tempat memanjang suatu penghargaan atau tropi maupun cindramata setiap perusahaan.

2.      Lemari Besi

Lemari yang satu ini merupakan lemari arsip yang kini mulai digunakan setiap perusahaan sebagai pengganti kayu karena kualitas serta keaweta nya yang mampu bertahan lama. Lemari yang satu ini mempunyai bentuk layaknya lemari kayu dengan model, tinggi dan susunan yang sama. 
Namun ada juga yang berbentuk kotak dan di kombinasi dengan kunci analog atau digital yang dinamakan dengan brankas. Lemari brankas digunakan untuk menyimpan harta atau arsip  terpenting dalam perusahaan yang pembukaannya hanya butuh oleh personal saja.

3.      Lemari Kabinet

Merupakan lemari dengan bentuk kotak dengan ukuran tempat arsip yang sama dan bersusun. Lemari ini biasa digunakan untuk menyimpan arsip setiap pegawai sesuai dengan letak dan fungsi yang ada pada kotak tempat arsip yang biasa dinamakan dengan kabinet.
Itulah pengenalan kepada pembaca tentang lemari arsip yang bermacam-macam. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi pembaca.